Burnley akan bertemu dengan Arsenal dalam laga penutupan Premier League musim 2018 – 2019, akhir pekan ini. Dalam laga yang digelar serentak ini, Burnley akan turun sebagai tim tuan rumah dan mereka akan menjamu Arsenal di Turf Moor, pada 12 Mei 2019, pukul 21.00 WIB. Laga ini sendiri tidak akan memberikan perubahan apa apa bagi skuad Burnley, namun di sisi skuad Arsenal, laga ini menjadi laga yang sangat menentukan bagi skuad mereka, untuk menembus zona Liga Champions. Saat ini Arsenal tertinggal 3 poin dari Tottenham yang duduk di posisi terbawah di zona Liga Champions. Artinya, jika Tottengam kalah pada laga terakhir ini dan Arsenal menang, maka perolehan poin mereka akan menjadi sama, namun dari sisi produktifitas gol, Arsenal kalah 8 gol dari skuad Tottenham. Artinya, Arsenal membutuhkan kemenangan besar dalam laga ini, sambil berharap Tottenham kalah telak di laga lainnya.

Kondisi Skuad

Burnley sendiri tidak terlalu diunggulkan untuk menang atas Arsenal, kendati dalam laga ini mereka akan turun sebagai tim tuan rumah. Pasalnya skuad Arsenal akan tampil habis habisan untuk mendapatkan kemenangan besar pada laga ini, sebab hanya itu satu satunya cara bagi skuad mereka, untuk tampil di Liga Champions di musim depan. Namun, Burnley tentu memiliki harga diri dan mereka tidak akan membiarkan skuad mereka dibantai demi mengantarkan Arsenal ke Liga Champions musim depan, Burnley yang tampil sebagai tim tuan rumah, tentu akan memberikan perlawanan dalam laga ini. Burnley sendiri tidak memiliki banyak pilihan, mengingat lini pertahanan mereka yang rapuh dan lini serang yang kurang tajam. Maka titik yang dapat menjadi lahan persaingan bagi skuad Burnley, adalah posisi lapangan tengah. Burnley akan kembali menurunkan banyak pemain untuk bersaing di sektor lapangan tengah bersama pemain Arsenal dan dengan demikian, Burnley akan berhasil menurunkan tingkat agresifitas penyerangan dari skuad Arsenal, sama seperti yang dilakukan para pemain Brighton pada akhir pekan lalu, ketika mereka berhasil menahan imbang Arsenal di markasnya sendiri.

Arsenal, membawa motivasi yang lebih untuk menang dalam laga ini, kendati mereka nyaris kehilangan peluang, Arsenal masih memiliki secercah harapan untuk terus berjuang. Motivasi lebih ini membuat Arsenal akan diunggulkan untuk menang atas Burnley, apalagi skuad tim tuan rumah memiliki pertahanan yang rapuh. Arsenal juga sudah menapakan satu kaki di partai puncak di ajang Liga Europa musim 2018 – 2019 ini, Arsenal unggul 3-1 di laga leg pertama semifinal atas Valencia. Hal ini menjadi bukti bahwa skuad Arsenal masih memiliki daya saing yang tinggi di masa penutupan musim kompetisi 2018 – 2019 ini. Arsenal tertahan dengan skor imbang 1-1 dalam laga sebelumnya, mereka turun sebagai tim tuan rumah kontra Birghton dan gagal mendapatkan hasil maksimal. Laga ini sebenarnya menjadi kunci bagi Arsenal untuk mengkudeta posisi Tottenham yang pada laga sebelumnya mendapatkan kekalahan, jika Arsenal menang atas Brighton maka selisih poin akan terpangkas menjadi 1 poin, sayangnya kondisi yang didapatkan sangat berbeda dengan ekspektasi tersebut. Dalam laga kontra Birghton, lini tengah Arsenal kehilangan kreatifitas mereka, sebab tim tamu mampu memiliki daya saing yang tinggi di sisi lapangan tengah. Dominasi yang dimiliki Brighton membuat para pemain tengah Arsenal jelas kesulitan untuk memobilitas sisi penyerangan mereka, bahkan umpan kunci kepada Lacazette dan Aubamayang dalam laga tersebut sangat minim. Hanya Henrikh Mkhitaryan yang tampil impresif dalam laga tersebut, dan 1 gol yang didapatkan skuad Arsenal dalam laga kontra Brighton juga didapatkan dari eksekusi penalty.

Prediksi Line Up

Burnley

Tom Heaton

M. Lowton – J. Tarkowski – Ben Mee – C. Taylor

Johann Gudmundsson – A. Westwood – Jack Cork – R. Brady

A. Barnes – Chris Wood

(4-4-2)

Arsenal

Bernd Leno

S. Lichsteiner – S. Mustafi – Sokratis P. – Nacho Monreal

Torreira – G. Xhaka – Mkhitaryan

Aaron Ramsey

A. Lacazette – Pierre E, Aubameyang

(4-3-1-2)

Prediksi Skor

Burnley 0 – 3 Arsenal